Thursday, 21 Jun 2018

Cara Mengobati Penyakit Asma

Penyakit asma sering ditandai dengan kondisi dimana penderitanya mengalami kesulitan untuk menghirup nafas, sepertinya ada tekanan yang kuat di sekitar dada sehingga membuat nafas sulit masuk ke dalam paru-paru. Sebenarnya penyakit ini bukan hal yang aneh lagi karena banyaknya penderita asma di masyarakat, dan dengan penanganan yang baik mereka juga tetap bisa beraktifitas seperti biasa.

Tingkat keparahan asma seseorang memang berbeda ada yang tergolong biasa dan ada juga yang tergolong membahayakan seperti jenis bronchial. Dengan mengetahui jenis penyakit yang diderita dan tingkat keseriusannya maka penderita asma harus lebih tanggap dengan hal tersebut. Penyakit asma adalah jenis penyakit kronis yang bisa terus diderita oleh seseorang dan bahkan bisa kambuh sewaktu-waktu. Beberapa pemicu asma yang perlu diketahui adalah karena kondisi udara yang tercemari oleh debu dan juga karena tekanan psikis.

Menurut sejarah penyakit asma ini belum bisa disembuhkan secara total namun bisa dikendalikan agar semakin sedikit kemungkinan kambuhnya.

Pada penderita asma yang masih tergolong ringan biasanya tidak mudah mengalami kambuh dan akan segera sembuh ketika diberikan obat. Untuk kasus yang demikian ini cukup diatasi dengan upaya pencegahan saja.

Adapun penderita asma yang tergolong parah seperti asma bronchial gejala yang timbul memang sama yakni kesulitan bernafas namun untuk jenis ini tingkat kesulitan bernafasnya jauh lebih parah. Untuk pengobatannya perlu adanya asupan oksigen untuk segera melegakan pernafasan selain itu juga perlu mengkonsumsi obat-obatan yang diresepkan oleh dokter tentunya.

Upaya-upaya pencegahan yang perlu diperhatikan adalah menjaga berat badan agar tidak terlalu berlebihan, mengatur stamina agar tidak terlalu merasa lelah, menggunakan masker dikala mengendarai sepeda motor atau berada di lingkungan dengan udara yang kurang bersih, menjaga tubuh agar tetap hangat.

Pengobatan Penyakit Asma

Penyakit bisa diderita oleh siapapun dengan usia yang berbeda-beda, salah satu faktor penyebabnya adalah keturunan, dimana seseorang yang terlahir dari orang tua yang juga menderita asma akan lebih rentan mengalami gangguan pernafasan.

Sampai saat ini belum ada formula khusus untuk menyembuhkan penyakit asma, yang bisa dilakukan adalah mengontrol serta menghindari pemicu dari penyakit asma tersebut.

Meskipun penderita asma tidak boleh terlalu lelah, namun ada baiknya juga untuk melakukan sedikit olah raga yang sifatnya ringan untuk meningkatkan kesehatan dan daya tahan tubuh sehingga asma tidak mudah kambuh.

Dengan mengenal penyakit Asma dan Cara Penanganannya maka tentunya akan lebih mudah untuk mencegah dan menangani penderita asma yang mungkin saja kambuh sewaktu-waktu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *